Sabtu, 26 Desember 2009

KRITERIA PEMIMPIN IDEAL

Banyak sekali sosok pemimpin yang sudah kita temui di kehidupan seharihari , dari pemimpin keluarga , sampai pemimpin negara , dari berbagai macam pemimpin yang sudah pernah kita jumpai pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Apalagi seorang manusia bukanlah makluk yang sempurna . Tetapi , sebagai pemimpin yang baik harus bisa meminimalkan kesalahan yang dilakukan . Terutama masalah dalam kelompok . Ada sepuluh kriteria pemimpin yang baik
Pertama , ketika pemimpin melakukan kesalahan dia berani berkata "saya salah!". Berani mengakui kesalahan merupan sifat yang sangat berani , dan sifat yang sangat harus dimiliki oleh seorang pemimpin,karena jika seorang pemimpin tidak punya keberanian untuk mengakui kesalahannya , maka kelompok yang ia pimpin tidak akan bisa maju dan akan ada saling salah menyalahkan antar anggota.
Yang ke dua adalah pemimpin yang berkata," saya sudah baik, tapi saya bisa lebih baik lagi!". Karena pemimpin yang berkata seperti itu mempunyai pikiran untuk maju . Bukan hanya secara individual tapi pasti pemimpin itu juga memikirkan kelompok dan anggotanya supaya bisa maju juga. Karena dengan kemajuan seorang pemimpin tersebut , maka secara tidak langsung pemimpin tersebut akan bisa mengangkat moral dan derajat kelompok dan anggotanya.
Kemudian seorang pemimpinyang mau mencoba belajar dari setiap orang yang lebih baik dari pada dia. Walaupun itu anggotanya , seorsng pemimpin yang baik tidak akan malu untuk bertanya jika memang anggotanya itu lebih baik daripada dia.
Yang keempat pemimpin yang berkata," Mari saya kerjakan ini untuk Anda!"bukan malah berkata, " Itu bukan pekerjaan saya!". Karena dengan pemimpin yang mau menghargai dan membantu pekerjaan anggotanya , maka anggotanya akan merasa bahwa ia di hargai dan juga akan mencontoh perbuatan pemimpinnya untuk saling tolong menolong itu.
Kelima pemimpin yang berkata, " Pasti ada cara lebih baik mengerjakannya!”. Pemimpin yang selalu memikirkan jalan keluar yang terbaik jika mengalami masalah. Bukan pemimpin yang terburu-buru memutuskan dan memaksakan pemikirannya walaupun merugikan orang lain jikala8u ada masalah.
Kemudian pemimpin yang berkata berkata, "ini sulit tapi mungkin.” Karena dengan sebuah kata seperti itu kita bisa tahu bahwa seorang pemimpin itu memiliki optimisme tinggi dan tidak gampang menyerah . walaupun sulitnya sebuah permasalahan , seorang pemimpin haruslah tetap berusaha untuk tetap menyelesaikannya , dan tidak mgampang menyerah.
Ke tujuh pemimpin yang selalu mempunyai rencana. Karena pemimpin yang selalu mempumyai rencana merupakan pemimpin yang selalu dapat memecahkan suatu permasalahan . karena jika seseorang sudah menjabat sebagai pemimpin maka entah interen atau eksteren akan ada banyak masalah yang harus d pecahkan.
Ke delapan pemimpin yang mempunyai komitmen-komitmen. Karena dari dasar komitmen-komitmen yang baik itulah biasanya seseorang dipilih oleh masyarakat untuk menjadi pemimpin mereka , karena dengan komitmen-komitmen yang jelas , seorang pemimpin akan bisa menjadi pemimpin yang adil bagi rakyatnya . bukan pemimpin yang hanya bisa memberikan janji-janji kosong saja.
Kemudian pemimpin yang selalu menjadi bagian dari jawaban . jikalau ada pemimpin itu maka segala pertanyaan akan terjawabkan , itulah pemimpin yang didambakan oleh semua orang . pemimpin yang akan membawa kelompoknya dalam kemakmuran.
Terahir adalah pemimpin yang selalu menuntaskan masalah dan pekerjaannya. Pemimpin yang tidak menunda-nunda pekerjaan myang harus ia kerjaan , karena jikau seorang pemimpin menunda-nunda pekerjaannya , maka rakyatnya juga pasti akan mencontoh apa yang dikerjakannhya , dan sebaliknya.
Itulah merupakan sepuluh kriteria pemimpin yang ideal , karena dengan sepuluh hal tersebut pasti seorang pemimpin akan bisa membawa kelompoknya maju dan membawa kelompoknya dihormati oleh kelompok lain . tidak hanya itu , anggota kelompok tersebut juga akan terangkat derajat dan moralnya , juga anggotanya akan merasa nyaman dan terlindungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar